Senin, 21 Januari 2008

I. PENDAHULUAN

Lembaga pendidikan ini kami beri nama Pondok Pesantren EL-'AZAM atau Integrated Islamic Boarding School EL-'AZAM atau Ma’had EL-'AZAM Al-Islami. Kata EL-'AZAM berarti “Keinginan atau niat yang kuat”. Berlandaskan kepada dorongan spiritual "وإذا عزمت فتوكل على الله" (jika kamu berniat baik untuk melakukan sesuatu, maka bertawakkallah kepada Allah) kami bertekad dan berpasrah kepadaNYa untuk melakukan sesuatu yang memberikan kebaikan bagi manusia, walaupun dengan langkah awal yang sangat sederhana.

Niat dan keinginan tersebut kami arahkan untuk mendidik generasi yang nantinya mampu mengaplikasikan ajaran-ajaran Allah di muka bumi dan mampu menghadapi kehidupan duniawi yang sejalan dengan tuntutan zaman.

Pondok Pesantren EL-'AZAM adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang mengintegrasikan model Pendidikan Pondok Pesantren Modern dengan Pendidikan Umum SMP dan SMA serta menekankan pada rekayasa ekonomi dan sosial.
Pola Pendidikan Pesantren Modern yang menjadi rujukan adalah Pondok Modern Gontor Ponorogo dan Pola Pendidikan Umum yang dimaksud adalah SMP dan SMA. Kedua Tingkatan Pendidikan tersebut digabungkan menjadi paket 6 (enam) tahun bagi lulusan SD, dan paket 4 (empat) tahun bagi lulusan SMP.

Penentuan dua paket ini dimaksudkan agar siswa dapat melalui masa pubertas dan remajanya (umur 14 s.d. 19 tahun) dalam sebuah institusi yang penuh dengan pembinaan, penyadaran disiplin kehidupan yang baik, dan terhindar dari pengaruh lingkungan yang negatif. Sehingga kelak mereka menjadi manusia yang shalih secara individual dan shalih secara sosial, memiliki kesiapan hidup untuk berbakti kepada Allah dan mampu memanfaatkan berbagai sumber daya secara arif, cerdas dan optimal.
Untuk mencapai sasaran tersebut, pola pengajaran yang ingin kami aplikasikan dalam lembaga ini adalah memadukan metodologi dan piranti teknologi pembelajaran yang terbaru, dengan metodologi lama yang masih valid "al-muhafadzatu ‘ala al-qadimi al-shalih wa al-akhdzu bi al-jadid al-ashlah" sehingga siswa dan guru dapat mengoptimalkan hasil dari proses kegiatan belajar mengajar yang baik.
II. PROGRAM PONDOK PESANTREN

1. PROGRAM I (REKAYASA INTI)

Yaitu rekayasa Pendidikan Pesantren Terintegrasi. Yang dimaksud terintegrasi adalah Pola Pendidikan Pondok Pesantren Modern yang diintegrasikan dengan pendidikan formal SMP dan SMA. Dan dalam formalitasnya nama satuan pendidikan ini disebut juga dengan SMP Terintegrasi dan SMA Terintergasi. Selain menekankan dua bidang keilmuan Umum dan Agama siswa tinggal di asrama selama 24 jam, sehingga dalam kisaran waktu ini siswa didisiplin untuk beribadah dan berprilaku yang sesuai dengan Ajaran Islam, dilatih berbicara Bahasa Arab dan Inggris dalam percakapan harian mereka dan diajarkan berbagai bidang kewirausahaan sesuai dengan rekayasa pendamping yang kami canangkan. Sehingga pembinaan IQ (Intellectual Quotient), EQ (Emotional Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient) bisa tercapai.

a. Santri:
Siswa yang akan diterima adalah siswa yang telah lulus SD untuk program 6 tahun dan yang telah lulus SMP untuk program 4 tahun. Pada tahun pertama diprioritaskan siswa yang berasal dari dalam Desa sendiri dan Desa sekitar, khususnya anak-anak yatim dan anak-anak yang tidak mampu, namun tidak menutup kesempatan bagi siswa-siswa dari luar daerah.

b. Guru:
Guru yang akan berdedikasi untuk bidang keagamaan adalah alumni pondok pesantren modern untuk kajian pesantren modern dan alumni pesantren salaf khusus untuk materi kajian kitab kuning. Dan untuk bidang pendidikan umum adalah lulusan berbagai Perguruan Tinggi Umum sesuai bidang keilmuan.

c. Kurikulum:
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang kami buat terdiri dari:
c.1).Kurikulum Keagamaan atau Kepesantrenan adalah kurikulum yang diajarkan di Pondok Modern Gontor dengan tambahan kajian kitab kuning.
c.2).Kurikulum Pendidikan Umum adalah kurikulum SMP dan SMA Tahun 2006 yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

d. Extrakurikuler:
1. Bahasa Arab dan Inggris
2. Kegiatan Pramuka
3. Kegiatan Kewirausahaan
4. Kegiatan Seni dan Kerajinan
5. Kegiatan Olah raga Kitab Kuning dan Kitab Kontemporer
d. Jadwal Kegiatan Santri

d.1). Jadwal Kegiatan Harian:

Pkl. 04.00 – 04.30 Bangun pagi shalat shubuh berjamaah
Pkl. 04.30 – 06.00 Belajar pagi
Pkl. 06.00 – 07.00 Mandi dan makan
Pkl. 07.00 – 12.30 Belajar
Pkl. 12.30 – 13.30 Shalat Dzuhur berjamaah, makan dan Istirahat
Pkl. 13.30 – 15.20 Belajar
Pkl. 15.20 – 15.40 Shalat Ashar berjamaah
Pkl. 15.40 – 17.20 Olah raga dan Kegiatan Kewirausahaan dan Seni
Pkl. 17.20 – 17.40 Makan Sore dan Mandi
Pkl. 17.40 – 18.20 Shalat Maghrib berjamaah
Pkl. 18.20 – 19.00 Pembinaan Tilawah Qur’an dan Telaah Kitab
Kuning
Pkl. 19.00 – 19.20 Shalat Isya berjamaah
Pkl. 19.20 – 21.30 Belajar terpimpin.


d.2). Jadwal Kegiatan Mingguan:

Tahajjud dan Renungan Malam Malam Jum'at
Latihan Dakwah Bahasa Indonesia Malam Minggu
Latihan Dakwah Bahasa Arab Sabtu Siang
Latihan Dakwah Bahasa Inggris Malam Jum'at
Kegiatan Pramuka Sabtu Siang
Kegiatan Kewirausahaan**) Hari Minggu
Kegiatan Seni dan Kerajinan**) Hari Minggu
Kegiatan Kuliah Shubuh Minggu Pagi
Kegiatan Olah raga Minggu pagi
Kegiatan Kebersihan Minggu Pagi
Pengajian Kitab Kuning, dan Kontemporer*) Senin, Selasa, Rabu
Ba'da maghrib

Keterangan:
Semua program diatas diikuti oleh semua santri kecuali:
**) Program pilihan, dan
*) Program kelas tinggi
d.3.) Kegiatan Semester:

Kegiatan Peringatan Hari Besar Islam, Libur Usai Kegiatan Ulangan Semester, Kegiatan Perlombaan-perlombaan, Perkemahan Kamis Jum’at, Pelatihan-pelatihan, dll.

2. PROGRAM 2 (REKAYASA PENDAMPING)

Yaitu rekayasa Ekonomi dan Sosial yang diisi dengan berbagai program yang menunjang program inti. Kegiatan-kegiatan ini kami leburkan dalam dua lembaga yaitu PLPM (Pusat Latihan dan Pengembangan Masyarakat) dan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat). Program ini akan melibatkan masyarakat sekitar Pondok Pesantren dengan tujuan masyarakat bisa bekerjasama dengan pondok pesantren dalam usaha-usaha ekonomis yang saling menguntungkan. Adapun keterlibatan santri bertujuan untuk penguatan pendidikan kemasyarakatan dan latihan kewirausahaan, tidak untuk tujuan ekonomis.
Diantara kegiatan-kegiatan tersebut adalah:

· Rekayasa Perikanan
· Rekayasa Industri Kecil (Tataboga, Tata Busana)
· Rekayasa Pertanian (Budidaya Jamur)
· Rekayasa Seni dan Kerajinan
· Rekayasa Wisata
· Pembinaan Pengajian
· Pembinaan Bahasa Inggris untuk Siswa SD, SMP dan SMA
· Dan rekayasa lain yang sesuai dengan kondisi

Tujuan dari rekayasa ini adalah dual program yang mempunyai dua sisi yang saling menguntungkan.

III. BIAYA PEMBANGUNAN PONDOK

A. Rincian Pembiayaan Tahap Awal

1. Biaya Pembangunan Ruang Kelas 4 lokal = Rp. 278.576.409,50
2. Biaya Pembangunan 3 Unit Asrama = Rp. 432. 277.385,50
3. Biaya Pembangunan Kantor = Rp. 160.818.378.05
4. Biaya Pembangunan Musholla = Rp. 84.587.685,40
5. Keseluruhan Biaya Pembangunan = Rp. 956.259.858,45
6. Biaya tak terduga keseluruhan 10% = Rp. 95.625.985,30
TOTAL = Rp. 1.051.885.985,30
B. Sumber Pembiayaan

Sumber dana berasal dari keluarga pendiri yayasan, donatur yang peduli terhadap pendidikan baik individu, lembaga-lembaga sosial dan pemerintah, baik luar negeri atau dalam negeri.

IV. PENUTUP

Semoga uraian singkat dan sangat sederhana ini bisa memberikan gambaran yang cukup. Besar harapan kami kiranya Bapak/Ibu bisa ikut membantu kami untuk beramal saleh mendidik generasi muda untuk menjadi orang yang berakhlak karimah, beramal shaleh dan menguasai ilmu-ilmu agama dan sains serta terlatih dalam kewirausahaan.
Semoga segala niat dan amal perbuatan kita akan selalu mendapatkan petunjuk dari Allah SWT. Amin

We Invite You To Donate These Purposes


Our account number : Bank BCA No. 2230348700

SURAT PERMOHONAN BANTUAN DAN DUKUNGAN DARI KAMI KEPADA ANDA

Kepada Yth.
Bapak/Ibu/Saudara/i
Di
Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam silaturrahim kami sampaikan semoga Allah melindungi Bapak/Ibu dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Amien.

Selanjutnya kami bermaksud menyampaikan kepada Bapak/Ibu/Saudara/i, bahwa kami Yayasan Pondok Pesantren El-‘AZAM berniat mendidik generasi kita dengan menekankan pada penguasaan ilmu-ilmu keislaman dan sains, penerapan pembiasan ibadah dan akhlak karimah, serta pembinaan kewirausahaan. Untuk kepentingan tersebut kami mendirikan Pondok Pesantren dengan nama Pondok Pesantren EL-'AZAM. Berlandaskan kepada dorongan spiritual "وإذا عزمت فتوكل على الله" (jika kamu berniat baik untuk melakukan sesuatu, maka bertawakkallah kepada Allah), maka kami bertekad dan berpasrah kepadaNYa untuk melakukan sesuatu yang memberikan kebaikan bagi kehidupan manusia, walaupun dengan langkah awal yang sangat sederhana.
Besar harapan kami kiranya Bapak/Ibu ikut membantu mewujudkan berdirinya Pesantren tersebut. Seberapapun besar sumbangsih dan dukungan Bapak/Ibu akan sangat berarti bagi kami. Adapun gambaran Umum tentang Pesantren, Rencana Anggarab Biaya (RAB) dan Gambar Bangunan terlampir.

Demikian surat ini kami sampaikan, semoga Allah SWT mencatat segala amal baik kita. Amin.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Pasawahan, 2 Februari 2007

Pengasuh,


Drs. Bahruddin Sanusi, MM.



Tembusan :
- Bupati Kuningan
- Camat Pasawahan
- Kepala Desa Ciwiru

Tidak ada komentar: